Wow, Jumlah Anak Jalanan Jakarta Meningkat 50 Persen!

JAKARTA, KOMPAS.com — Jumlah anak jalanan di DKI Jakarta mengalami peningkatan hingga 50 persen. Jika pada 2008 jumlahnya sekitar 8.000 orang, pada 2009 jumlah mereka mencapai lebih dari 12.000 jiwa. Angka yang fantastik.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Seto Mulyadi kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2010), mengatakan, jumlah ini masih mungkin berubah karena mobilisasi anak-anak jalanan yang begitu cepat di 25 titik di Jakarta.

“Ada yang mungkin dobel penghitungan. Ada yang mungkin tidak terhitung,” ujar pencipta tokoh Si Komo ini.

Jumlah ini tergolong besar dibanding jumlah keseluruhan anak jalanan di 12 kota besar yang mencapai lebih dari 100.000 jiwa. Padahal, Pemprov DKI menjadikan penekanan jumlah anak jalanan sebagai salah satu agenda kerja prioritas tahun lalu.

Kak Seto mengatakan, pangkal permasalahan anak jalanan terletak pada alasan keberadaan mereka di jalanan. Karena itu, pemerintah seharusnya peduli pada masalah ini.

Kalaupun kemudian terjadi kasus-kasus kekerasan seksual terhadap anak jalanan, Kak Seto berpendapat bahwa sebaiknya upaya penyelesaian juga berangkat dari persoalan mendasar mereka untuk hidup di jalanan. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan pengawasan atau kontrol khusus terhadap rumah singgah atau tempat-tempat berkumpul anak jalanan.

“Ada yang mungkin dobel penghitungan. Ada yang mungkin tidak terhitung.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: