Rumah Singgah untuk Anak Jalanan Akan Diperbanyak

Jakarta, (tvOne)

Menteri Sosial (Mensos), Salim Segaf Al Jufri mengatakan, pemerintah akan memperbanyak jumlah rumah singgah bagi anak jalanan supaya mereka bisa lebih terlindungi. “Ya pasti itu, karena yang ada sekarang jelas tidak cukup,” katanya usai mengikuti rapat koordinasi di kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat Jakarta, Rabu (20/1).

Menurut Salim Segaf, saat ini pemerintah hanya memiliki puluhan rumah singgah sementara jumlah anak jalanan di seluruh Indonesia sekitar 230 ribu. “Butuh ratusan rumah singgah supaya mereka semua bisa tertampung, tapi anggaran pemerintah tidak cukup untuk itu,” katanya.

Ia mengatakan, alokasi anggaran pemerintah untuk penanganan anak jalanan yang tahun ini Rp184 miliar tidak cukup untuk membangun fasilitas rumah singgah yang bisa menampung semua anak jalanan. “Dengan anggaran yang ada, bisa membangun rumah singgah untuk 30 ribu sampai 40 ribu anak jalanan saja sudah bagus,” katanya.

Salim menambahkan, saat ini pihaknya sedang memetakan kebutuhan rumah singgah bagi anak jalanan dan berencana menambah jumlahnya secara bertahap. “Tentu kita tidak mungkin bisa sendiri, LSM, organisasi sosial dan masyarakat akan digandeng untuk ikut berpartisipasi,” katanya.

Selain membangun rumah singgah, pemerintah juga menyediakan fasilitas pelatihan bagi anak jalanan dan melakukan pembinaan untuk meningkatkan peran keluarga dalam penanganan masalah ini. “Kita melakukan pembinaan supaya orang tua berperan baik, sehingga anak-anak tidak lari ke jalanan,” kata Mensos. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: